https://sragen.times.co.id/
News Commerce

Jenis-jenis Pengadaan Investasi Emas yang Harus Diketahui Investor Pemula

Kamis, 29 Desember 2022 - 10:02
Jenis-jenis Pengadaan Investasi Emas yang Harus Diketahui Investor Pemula Ilustrasi investasi emas.

TIMES SRAGEN, JAKARTA – Di era sekarang, banyak yang memilih untuk pengadaan emas sebagai sarana instrumen dalam investasi. Bisa dibilang investasi tersebut mendatangkan keuntungan karena nilainya yang terus mengalami kenaikan. Meski kadang mengalami penurunan, tapi nilainya relatif stabil. 
Ada beberapa alasan kenapa emas menjadi investasi yang mudah bagi investor pemula. Anda tidak perlu lagi membeli dalam bentuk fisik dan menyimpannya di rumah. Karena sudah banyak layanan penitipan saldo emas sehingga masalah keamanan pasti terjaga. 

Kelebihan Investasi Emas 

Sebelum membahas tentang jenis-jenis investasi emas, tidak ada salahnya untuk tahu kelebihan dari investasi tersebut. Salah satu kelebihan dari investasi emas adalah modal yang relatif kecil. Meski harganya terbilang mahal, tapi Anda bisa membeli emas yang berukuran kecil terlebih dahulu. 

Beberapa orang sudah mulai beralih ke emas untuk melakukan investasi. Terlebih emas tidak akan tergerus oleh inflasi. Dengan kata lain, meski pernah mengalami penurunan, tapi tidak akan mengalami inflasi. Justru, emas terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. 

Jenis-jenis Pengadaan Emas untuk Investasi

Emas menjadi salah satu instrumen investasi favorit bagi masyarakat. Tak heran jika investasi tersebut cocok untuk jangka panjang. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan investasi dalam bentuk emas, berikut beberapa jenisnya. Penting untuk mengetahui jenisnya agar tahu mana yang lebih nyaman dan menguntungkan. 

1.    Emas Perhiasan

Salah satu bentuk emas yang paling mudah dijumpai di pasaran adalah emas perhiasan. Tak hanya di toko perhiasan saja, tapi emas perhiasan sudah bisa ditemukan di e-commerce. Biasanya bentuk emas perhiasan antara lain anting-anting, kalung, gelang, dan cincin. 
Banyak orang yang memilih emas perhiasan sebagai investasi karena harganya jauh lebih terjangkau jika dibandingkan emas batangan. Namun, perlu diperhatikan karena emas perhiasan kurang cocok untuk investasi. 

Emas perhiasan biasanya dicampur dengan bahan lain agar mudah dibentuk. Perhiasan dengan kadar 18 karat biasanya sering ditemukan dan menjadi opsi. Selain itu, ada tiga jenis perhiasan emas yang biasanya dijual, antara lain:
●    Emas Kuning atau Yellow Gold: campuran antara emas 75% serta tembaga dan seng 25%. Harganya lebih murah dibandingkan emas putih dan memiliki nilai jual tinggi untuk investasi. 
●    Emas Putih atau White Gold: perhiasan yang dibuat dari emas murni dan campuran perak serta palladium. Dipoles dengan rhodium agar terlihat mengkilap. Jika dibandingkan dengan emas kuning, harganya lebih mahal. 
●    Emas Merah atau Rose Gold: campuran emas dan tembaga sehingga menimbulkan kemerahan pada emas. Harganya lebih murah dari emas putih dan kuning, tapi lebih tahan lama dan kuat. 

2.    Emas Batangan

Pengadaan emas yang bisa Anda coba untuk investasi adalah emas batangan. Sering kali orang menyebutkan sebagai logam mulia. Investasi emas yang satu ini terbilang paling aman karena nilainya terus mengalami kenaikan. Selain itu, tingkat likuiditasnya pun tinggi. 

Ditambah lagi emas batangan mempunyai berbagai varian berat yang bisa dijadikan sebagai instrumen. Biasanya, kadar emas batangan adalah 24 karat. Beratnya pun mulai dari 1 gram, 5 gram, sampai 1.000 gram. Bahkan, saat ini sudah ada emas yang ukurannya mini, yaitu 0,1 gram, 0,25 gram, dan 0,5 gram. 

3.    Emas Granule

Bisa dibilang jenis emas satu ini masih jarang ditemukan di pasaran. Emas Granule adalah emas yang bentuknya serbuk. Sering kali digunakan oleh para perajin emas. Melalui emas tersebut, perajin membuat perhiasan dengan kadar rendah dan harganya murah.. 

4.    Emas Koin

Sering disebut koin emas, instrumen ini sering digunakan sebagai alat investasi, lho. Tak banyak yang tahu jika harga emas koin mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi, tak perlu khawatir jika ingin memilih emas koin sebagai instrumen dalam berinvestasi. 

5.    Emas Digital

Di era sekarang, pengadaan emas digital menjadi salah satu hal yang menarik bagi para investor. Hal ini karena emas tersebut mudah dibeli secara digital dan tidak perlu pusing untuk menyimpannya. Emas yang dijual merupakan emas murni 24 karat dengan harga relatif murah. 
Jika Anda ingin membeli emas digital melalui e-commerce, maka Anda bisa membelinya di Blibli. Ada beragam jenis emas Antam dengan ukuran yang berbeda-beda sehingga bisa dibeli sesuai kebutuhan dan keinginan. Selain itu, marketplace ini sudah terpercaya sehingga tak perlu khawatir saat ingin membeli emas digital. 

Itulah beberapa kelebihan dan jenis-jenis pengadaan emas yang bisa Anda ketahui. Jika ingin memulai investasi, tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi emas. Pilihlah jenis emas yang menurut Anda menguntungkan, ya. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.