Berita

[CEK FAKTA] Bantuan BPJS Kesehatan akan Diganti Uang Tunai 37 Juta

Kamis, 25 Februari 2021 - 19:04
[CEK FAKTA] Bantuan BPJS Kesehatan akan Diganti Uang Tunai 37 Juta Situs Bantuan BPJS Kesehatan akan berganti dengan uang tunai 37 juta beredar di media sosial WhatsApps. (Tangkapan layar/TIMES Indonesia)

TIMES SRAGEN, JAKARTA – Sebuah informasi terkait situs Bantuan BPJS Kesehatan akan berganti dengan uang tunai 37 juta beredar di media sosial WhatsApps. Informasi situs ini tersebar secara berantai melalui WhatsApp Grup. 

Jika masuk dalam situs tersebut, tertulis informasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pada Rapat Terbatas 16 maret lalu, telah diputuskan program pemberian BANTUAN BPJS KESEHATAN akan diganti dengan uang tunai 37 juta, yang akan di cairkan melalui bank indonesia.

Berikut link terkait situs tersebut: 

https://infoprogramblpjs.blogspot.com/

cek fakta BPJS 2Sumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Menurut hasil penelusuran TIMES Indonesia, website tersebut bukan website atau situs resmi dari BPJS Kesehatan. Website resmi BPJS Kesehatan yakni bpjs-kesehatan.go.id. Hal ini sesuai dengan unggahan dari pihak BPJS Kesehatan melalui Instagram. 

Melalui akun instagram resminya, BPJS Kesehatan juga telah melakukan klarifikasi bahwa situs tersebut tidak benar. Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan.

“Sahabat, kalian harus berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan ya!,” tulis akun @bpjskesehatan_ri pada 14 Desember 2020.

Pihak BPJS Kesehatan juga menegaskan bahwa lembaga memiliki situs tersendiri dan portal resmi.

“Website resmi BPJS Kesehatan yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id. Selain itu, BPJS Kesehatan juga memiliki portal berita resmi yaitu www.jamkesnews.com,” tambahnya. 

cek-fakta-BPJS-3.jpgSumber: Instagram/@bpjskesehatan_ri

Informasi serupa juga pernah beredar melalui pesan pendek (sms) yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan. Kementerian Kominfo RI telah melakukan pemeriksaan atas informasi hoaks tersebut. 

cek-fakta-BPJS-4.jpgSumber: [HOAKS] Dana bantuan dari BPJS Kesehatan | Kementerian Komunikasi dan Informatika

KESIMPULAN

Berdasarkan penelusuran fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi tentang Bantuan BPJS Kesehatan akan diganti dengan uang tunai 37 juta merupakan informasi hoaks. Sebab, peristiwa tersebut berlainan dengan fakta yang terjadi. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi terkait Bantuan BPJS Kesehatan akan berganti dengan uang tunai 37 juta merupakan Fabricated Content (konten palsu). Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.