Berita

Tank TNI Takuti Pemudik, TNI AD: Tidak Benar

Jumat, 07 Mei 2021 - 19:30
Tank TNI Takuti Pemudik, TNI AD: Tidak Benar Tank TNI. (FOTO: Dok. TNI AD)

TIMES SRAGEN, JAKARTA – Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjend TNI Tatang Subrana menjelaskan terkait sebuah video viral yang memperlihatkan sebuah tank TNI yang turun ke jalan raya dengan narasi untuk menakut-nakuti pemudik.

Tatang membantah narasi yang terdapat dalam video tersebut. Ia menyebutkan bahwa tank tersebut diturunkan karena sedang dalam proses latihan. Ia juga menjelaskan bahwa kebetulan lokasi pelatihan itu dekat dengan titik penyekatan mudik.

"Itu kegiatan latihan kebetulan jaraknya dekat dengan tempat penyekatan arus mudik," kata Tatang saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Tatang menjelaskan bahwa latihan yang melawati jalur tersebut rutin dilakukan. Latihan tersebut juga termasuk ke dalam aktivitas rutin TNI baik untuk personel ataupun alutsistanya.

"Rutin memelihara kemampuan baik personel juga alatnya," ucap Tatang.

Sebagai informasi, sebuah video yang viral di Twitter memperlihatkan sejumlah anggota TNI tengah berada di tengah jalan untuk mengatur jalannya sebuah tank. Narasi yang dibuat, tank itu diturunkan untuk menjaga masyarakat yang nekat mudik.

Video yang berdurasi 30 detik direkam oleh seorang diduga pria. Pria itu memperlihatkan situasi lalu lintas yang tengah dihentikan oleh anggota TNI karena ada tank yang hendak melintas.

"Penyekatan mudik di perbatasan Bekasi- Bogor. Enggak tanggung-tanggung TNI turunin tank baja, yang mudik biar di bom," ucap seorang pria dalam video yang dikutip Suara.com, Jumat (7/5/2021).

Suara pria dalam video tersebut juga menyebutkan bahwa tank TNI bakal digunakan untuk menakut-nakuti para pemudik. Namun, narasi yang disampaikan ini tidak benar karena tank TNI yang turun ke jalan dalam rangka latihan alusista TNI. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.