Berita

Menparekraf RI Siapkan Tiga Upaya Reaktivasi Sektor Pariwisata di Bali

Senin, 14 Juni 2021 - 12:10
Menparekraf RI Siapkan Tiga Upaya Reaktivasi Sektor Pariwisata di Bali Menparekraf RI Sandiaga Uno bersama Gubernur Bali I Wayan Koster dalam pertemuan membahas pariwisata Bali. (foto: Kemenparekraf RI)

TIMES SRAGEN, DENPASARMenparekraf RI (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Sandiaga Uno, kembali melakukan pertemuan dengan Gubernur Bali, I Wayan Koster, di Gedung Jaya Sabha, Denpasar, Bali, Kamis (10/6/2021) malam. Keduanya membahas langkah-langkah yang dilakukan untuk mereaktivasi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi Bali

Seperti diketahui, pada 2019, kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian Bali mencapai 54 persen. Namun, akibat pandemi COVID-19, pertumbuhan ekonomi di Bali minus hingga 9,3 persen secara kumulatif. Hal ini merupakan kontraksi terdalam yang pernah dialami Provinsi Bali. Untuk itu pemerintah terus melakukan upaya reaktivasi Bali. 

Menparekraf dan gubernur bali 2

Usai melakukan pertemuan tersebut, Menparekraf memaparkan tiga strategi, yakni pertama percepatan program vaksinasi bagi masyarakat Bali. Direncanakan 70 persen penduduk Bali bisa mendapatkan vaksinasi, yaitu sebanyak 3 juta orang, dari jumlah penduduk Bali yang mencapai 4,3 juta orang. 

“Kami terus menyiapkan pemulihan pariwisata di Bali. Kami melihat dari penanganan COVID-19 sudah jauh lebih baik, dan vaksinasi ini kami apresiasi, bahwa Bali sebagai provinsi yang mendapatkan presentase vaksinasi tertinggi dari targeted group. Dan sesuai dengan arahan Presiden vaksinasi itu harus sudah diselesaikan pada Juli ini,” ujar Menparekraf. 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Kurleni Ukar, Deputi Bidang Sumber Daya Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya, dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya. 

Selain dari pada program vaksinasi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan juga akan diperketat. Beberapa program Kemenparekraf untuk membantu hal tersebut diantaranya melalui Gerakan BISA yang masih digulirkan di destinasi wisata yang ada di Bali dan juga daerah lainnya yang ada di Indonesia. Kemudian, sertifikasi CHSE yang jumlahnya akan terus ditingkatkan. 

“Jadi dari segi jumlah destinasi wisata, hotel dan restoran yang tersertifikasi, Bali yang tertinggi dari segi kepatuhannya terhadap CHSE. Mulai bulan Juli, kita akan memulai program CHSE dan Bali kita targetkan dua kali lipat dari tahun lalu, menjadi 1.200 destinasi wisata, hotel, dan restoran yang akan tersertifikasi CHSE,” harap Sandiaga. 

Menparekraf dan gubernur bali 3

“Dan terakhir, untuk jangka menengah panjang, penyiapan dari reaktivasi Bali dan diversifikasi ekonomi Bali. Kita harapkan akan mempercepat pemulihan pariwisata di Bali sesuai dengan pengendalian COVID-19 yang lebih baik lagi kedepannya,” katanya. 

Rencana jangka menengah panjang tersebut seperti memperbaiki infrastruktur transportasi darat, laut, dan udara, menyiapkan fasilitas pariwisata seperti kegiatan MICE, dan lainnya. 

Di samping itu, Kemenparekraf juga akan hadir untuk membantu pemulihan ekonomi Bali dengan program-program yang tepat manfaat, tepat sasaran, tepat waktu, dan tentunya berkeadilan. Seperti program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) yang dianggarkan sebesar Rp60 miliar dan pendaftarannya resmi dibuka pada Jumat (4/6/2021). 

Kemudian, program Dana Hibah Pariwisata yang tahun ini akan diperluas dan diperbesar jumlahnya menjadi Rp3,7 triliun. Selain itu, juga ada dukungan terhadap penyelenggaraan kegiatan (events) seperti Arabian Travel Market (ATM) Dubai 2021, dan Bali & Beyond Travel Fair 2021 yang berlangsung di Nusa Dua mulai 8 – 12 Juni 2021. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.