Berita

Langsung Kerja, Presiden AS Joe Biden Batalkan Kebijakan Donald Trump

Kamis, 21 Januari 2021 - 10:29
Langsung Kerja, Presiden AS Joe Biden Batalkan Kebijakan Donald Trump Joe Biden saat menandatangani berkas di Oval Office. (FOTO:Reuters)

TIMES SRAGEN, JAKARTA – Dengan mengenakan masker, Presiden Amerika Serikat ke-46, Joe Biden langsung bekerja di Oval Office. Presiden AS Joe Biden langsung menandatangi pembatalan sejumlah kebijakan utama Donald Trump.

"Tidak ada waktu yang terbuang untuk menangani krisis yang kita hadapi," cuitnya saat menuju ke Gedung Putih setelah pelantikannya.

BBC melansir, ada 15 perintah eksekutif yang ditandatangani Joe Biden dan yang pertama adalah meningkatkan perhatian federal terhadap krisis Covid-19.

Setelah itu ia juga membalikkan sikap administrasi Trump tentang perubahan iklim dan imigrasi.

Biden akan mengambil tindakan, tidak hanya untuk membalikkan kerusakan paling parah dari pemerintahan Donald Trump, tetapi juga untuk mulai memajukan negara kita," sebuah pernyataan yang merinci perintah eksekutif tersebut.

Serangkaian tindakan juga akan diberlakukan untuk mengatasi pandemi virus corona yang telah merenggut nyawa warga Amerika Serikat lebih dari 400.000 orang itu.

Juga akan ada mandat untuk memakai masker dan mempraktikkan jarak sosial di semua properti pemerintah federal.

Sebuah kantor baru akan didirikan untuk mengoordinasikan penanganan pandemi Covid-19 dan Amerika Serikat juga akan menghentikan proses yang telah dilakukan  pemerintahan Trump yakni penarikan diri dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Langkah untuk kembali melibatkan diri kembali dengan WHO itu disambut oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui juru bicaranya, Stéphane Dujarric, sebagai sesuatu yang  "sangat penting" untuk tanggapan global yang lebih terkoordinasi.

Joe Biden juga berjanji untuk menjadikan perang melawan perubahan iklim sebagai prioritas utama pemerintahannya.

Dia menandatangani perintah eksekutif yang memulai proses bergabung kembali dengan perjanjian iklim Paris 2015, di mana Donald Trump secara resmi telah menarik AS sejak tahun lalu.

Biden juga telah mencabut izin presiden (Donald Trump) yang diberikan kepada Keystone XL Pipeline yang kontroversial, yang telah diperjuangkan oleh aktivis lingkungan dan kelompok Pribumi Amerika selama lebih dari satu dekade.

"Langkah itu akan dibahas saat Presiden Biden menerima telepon pertamanya dari Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, pada hari Jumat besok," kata sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki.

Mengenai imigrasi, Biden telah mencabut deklarasi darurat pemerintahan Trump yang membantu mendanai pembangunan tembok di sepanjang perbatasan Meksiko dan juga mengakhiri larangan perjalanan di beberapa negara mayoritas Muslim.

Presiden AS Joe Biden yang sudah mulai bekerja dengan mengenakan masker dan tim kepresidenannya itu memiliki waktu hampir 3 bulan untuk merencanakan tindakan pertamanya setelah mengambil sumpah jabatan.(*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.