Berita

Ledakan Gas di Hubei China, 12 Orang Meninggal Dunia

Senin, 14 Juni 2021 - 10:53
Ledakan Gas di Hubei China, 12 Orang Meninggal Dunia Keadaan di sekitar ledakan di kompleks pasar basah di komunitas Yanhun , Hubei yang hancur berantakan. (FOTO: Global Times/VCG)

TIMES SRAGEN, JAKARTA – Sebuah ledakan gas di sebuah komunitas perumahan di Shiyan, Provinsi Hubei, China Tengah, China, dan hingga Minggu sore tercatat 12 orang meninggal dunia serta 138 orang lainnya terluka.

Hingga Senin (14/6/2021) pagi ini, upaya penyelamatan terus dilakukan dan penyebab ledakan maaih terus berlangsung.

Dilansir Global Times, siaran pers pemerintah Shiyan Minggu petang menyatakan, setidaknya 913 rumah tangga yang dekat dengan lokasi ledakan, pasar basah di komunitas Yanhu juga telah dievakuasi.

Pasar basah di daerah tersebut terdiri dari  dua lantai yang dibangun pada awal 1990-an, dengan 19 toko di lantai pertama dan ruang kegiatan masyarakat di lantai dua. Ada 46 kios lain di seberang jalan dari gedung.

Kementerian Manajemen Darurat China telah mengirim tim kerja ke Shiyan untuk memandu pekerjaan penyelamatan. 

Juru bicara resmi lokal bermarga Gao mengatakan kepada Global Times hari Minggu bahea penyebab ledakan masih dalam penyelidikan.

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 06.00 Minggu pagi di komunitas, dan dilaporkan menghancurkan pasar basah di sana dan sangat mempengaruhi warga di gedung-gedung terdekat.

"Mendengar ledakan keras, saya langsung meraba-raba di bawah meja, mengira itu gempa bumi," kata seorang warga bermarga Liu, yang memiliki sebuah restoran kecil sekitar 20 meter dari lokasi ledakan kepada Global Times melalui telepon.

Liu sedang berada di restorannya saat ledakan terjadi. Dia ingat saat menakutkan ketika lantai bergetar hebat, dan bahan makanan di atas meja di dapur jatuh oleh gelombang kejut yang kuat.

Awalnya mengira gempa besar telah terjadi, karenanya Liu berjongkok di bawah meja untuk menghindari potensi bahaya sampai guncangan berhenti. Ia lalu berlari keluar rumah. "Semuanya kacau," katanya kepada Global Times.

Sebuah video dari situs ledakan yang diterbitkan oleh media outlet youth.cn menunjukkan pemandangan mengerikan dari rumah-rumah yang hancur menjadi bongkahan beton besar dan tumpukan kayu pecah, dan udara berdebu dengan debu. Dinding beberapa bangunan menghitam akibat panasnya ledakan.

Personel penyelamat segera tiba setelah ledakan. Pada waktu pers, yang terluka sedang dirawat di rumah sakit setempat, kata pihak berwenang setempat.

Pemerintah Provinsi HubeiChina mengeluarkan pemberitahuan darurat tentang keselamatan produksi pada hari Minggu, mengatakan pelajaran harus diambil dari ledakan gas itu. Provinsi ini akan segera melakukan tinjauan yang ditargetkan terhadap industri gas dan memperkuat peraturan untuk industri-industri utama, menurut pemberitahuan itu. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sragen just now

Welcome to TIMES Sragen

TIMES Sragen is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.